728x90_en

Senin, 17 Oktober 2011

Mengenal jaringan Komputer

 Mengenal jaringan Komputer

     jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer, baik jaringan komputer yang berskala kecil  seperti dirumah ataupun dikantor maupun yang berskala besar seperti antar kota dan provinsi, atau jaringan komputer yang mendunia (internasional) seperti antar benua antar dunia, dimana komputer-komputer tersebut saling berhubungan dan teroganisir (berintegrasi) antara komputer satu dengan komputer lain yaitu antara komputer server sebagai induknya dan komputer terminal/client sebagai anaknya. Dalam kehidupan sehari-hari, jaringan dapat diilustrasikan sebagai suatu perkumpulan atau kelompok yang saling berhubungan atau saling berkomunikasi antara pemimpin (bosnya) dengan bawahanya (anak buahnya)

Type jaringan terdiri dari 2 ttpe yaitu:
  1. Jaringan Client-server
  Server yaitu komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer lain, client adalah komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.

Keunggulan
a. kecepatan akses lebih tinggi.
b. sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik.
c. sistem data backup lebih baik.

kelemahan
a. Biaya operasional lebih mahal.
b. dibutuhkan satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk dijadikan sebagai komputer server.
c. sangat ketergantungan kepada server, apabila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan juga akan terganggu.
   
  2.  Jaringan peer to peer
  Jaringan tipe peer to peer diistilahkan sebagai non-dedicated server, yaitu server yang tidak hanya berperan sebagai server murni, tetapi dapat juga berperan sebagai workstation.

Keunggulan
a. komputer dalam jaringan dapat saling berbagi fasilitas yang dimilikinya seperti: harddisk, fax, modem, printer, drive.
b. biaya operasional lebih murah
c. kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada suatu server, karena jika salah satu komputer mati atau rusak maka jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.

kelemahan
a. troubleshooting, jaringan lebih sulit dibandingkan dengan jaringan client-server, karena pada jaringan peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. pada jaringan client-server, komunikasinya hanya antara server dengan workstation.
b. unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client-server.
c. sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing2 user dengan mengatur keamanan masing2 fasilitas yang dimiliki.

0 komentar:

Posting Komentar